Rabu, 16 Agustus 2017

Tingkatkan Nilai Spiritual dan Kecerdasan Emosional, FTIK IAIN Batusangkar Training Dengan DAHSAT

Poto bersama mahasiwa/i bersama jelang permainan dimulai



Padangpanjang--Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN) menggelar training motivasi, Juma'at (21/7) hingga Sabtu (22/7) kemarin di Gedung Pertemuan IAIN Batusangkar dan Malibo Anai Resor Padang Pariaman, bersama Dahsat (Denisha Adhwa) Spiritual Training dari Padangpanjang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 75 orang mahasiswa/i, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dengan mengangkat tema "Menciptakan Generasi Terbaik Untuk Memimpin Dunia".

Acara yang digelar selama dua hari terebut, rutin diadakan setiap tahunnya, bukan hanya bagi mahasiswa namun bagi dosen dan staf juga di ikut sertakan pada Training dan Outbound untuk menggali potensi diri dan meningkatkan semangat kerja serta menumbuhkan inovasi baru dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA melalui Wakil rektor bidang kesiswaan dan kerjasama, Warek III, Dr. Rizal. M.Ag mengatakan, kegiatan Training ini untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama tim dalam melakukan kegiatan dan menambah rasa tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan nilai spiritual dan kecerdasan emosional.

"kita berharap dengan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya ini, dapat membawa perubahan besar kepada IAIN Batusangkar dan para mahasiswanya itu sendiri, dimana dalam kegiatan ini semua potensi diri digali dan diperbaiki, agar Akhlak dan perilakunya dapat di bentuk dengan baik, dan semoga juga para sisiwa/i yang mengikuti kegiatan ini dapat memahami apa yang telah di sampaikan dan berikan oleh para Trainer dalam penyampaian Materi selama dua hari, serta juga dapat menambah kecerdasan emosional dan spiritual. Maka dengan kegiatan ini juga di harapkan dapat bermanfaat bagi kepribadiannya dan masyarakat nantinya " Jelas Rizal.

Pada kesempatan yang sama, usai membuka acara outbound secara resmi Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Dr. Sirajul Munir, M.Pd, menambahkan mahasiswa memiliki emosional yang bagus dan spiritual yang juga bagus, sehingga kalo tidak di bekali dengan ilmu yang bagus di era digital seperti sekarang ini mahaswa bisa kurang percaya diri nantinya, makanya melalui kegiatan ini percaya diri mahasiswa kita asah dan munculkan sehingga dapat bersaing dan berkecimpung di masyarakat nantinya.

"Diera digital semua orang terbiasanya menggunakan Facebook, Instagram dan liannya, oleh sebab itu mahasiswa FTIK juga kita bekali juga dengan kegiatan yang membuka wawasan mereka denga berbagai macam kegiatan seperti kegiatan Outbound ini, kecerdasan emosionla dan spiritual mereka kita asah disini, sehingga mereka nantinya mampu berinteraksi dengan siapa saja dan dimana saja, terutama saat mempergunakan sitem digital," jelas Sirajul Munir.
Poto bersama para dosen dan Trainier




Disaat berjalannya acara yang penuh dengan Game yang mengasah otak dan hikmah, di rektur Dahsat Spiritual Tarining Rido Al Jundi, mengungkapkan, rasa terimakasih kepada IAIN Batusangkar yang telah mempercayakan kegiatan ini kepada lembaganya, semoga kedepan kerjasama ini dapat terus berjalan dengan baik. Selain itu game-game dan materi yang diberikan saat ini semua berkaitan dengan sifat dan kepribadian kita sehari-hari, sehingga melalui training kali ini semua mahasiswa yang mengikutinya akan di ajarkan bagaimana mengendalikan diri dalam menghadapi permasalahan dan persoalan, baik pribadi maupun umum.

"Pada training indoor kemarin kita juga sampaikan dan berikan pemahaman kepada para mahasiswa/i IAIN ini bagaimana cara mengendalikan diri dan manjadi generasi terbik dalam memimpin dunia nantinya, dan saat ini semu Game yang kita berikan juga berkaitan dengan kepribadian seorang pemimpin, yang jujur, bertanggung jawab dan mampu bekerjasama dengan siapapun, sehingg melalui game-game ini semua peserta mampu mengetahui karakter mereka masing-masing," jelas Rido.

Rido juga menambahkan, sebelum Outbound dimulai kegiatan pagi diawali dengan streaching atau peregangan lalu ada beberapa ice breaking seperti simulasi pembagian kelompok sambil bermain yang menguji tingkat fokus, cekatan dan siap tanggap. Sedangkan sebelum memulai permainan semua perserta berkumpul degan membuat kelopak dan di lanjutkan dengan permainan bos berkata, games taaruf, lalu penguatan team bulding, kantong doraemon, misisipi, evakuasi boom, menyusun kaleng rokok menjadi 8 tingkat dan masih banyak lagi permainan yang mengandung segudang hikmah didalamnya, tutup Rido. (Putra) (http://www.pasbana.com/2017/07/tingkatkan-nilai-spiritual-dan.html)

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :