Senin, 09 Oktober 2017

FTIK BAHAS TERAPI SHALAT KHUSYUK

Dalam rangka meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar mengajak seluruh civitas akademika IAIN Batusangkar untuk mengikuti Seminar Terapi Qur’ani dan Shalat Khusyuk Metode 3T dengan narasumber Drs. H. Lukman Hakim, penggagas komunitas Himpunan Masyarakat Peduli Akhlak (HIMAPA).
Beliau menjelaskan bahwa khusyuk bukan sekedar memahami arti kata dalam bahasa Arab tetapi juga memerlukan pemahaman lainnya yang ada dalam diri manusia.  Metode yang digunakan untuk meningkatkan kekhusyukan dalam shalat menurut pemateri adalah Tuma’ninah, Tafakkur, dan Tadabbur. Tuma’ninah diartikan sebagai ketenangan dalam shalat. Sementara, tafakkur berarti bahwa seseorang harus mengerti maksud bacaan shalat. Dan, tadabbur bermakna menghayati bacaan shalat dengan cara melibatkan unsur jiwa.
Seminar ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 09 Oktober 2017 yang bertempat di Auditorium IAIN Batusangkar.  Melalui kegiatan yang diusung oleh FTIK ini diharapkan seluruh civitas akademika IAIN Batusangkar mampu melaksanakan shalat khusyuk yang berdampak positif pada sikap dan perilaku sehari-hari. (Rina)

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :