Rabu, 20 Februari 2019

Enam Jurusan di IAIN Batusangkar Raih Akreditasi A, di 2019 MPI FTIK Ambil Bagian



TANAH DATAR - Jurusan MPI FTIK IAIN Batusangkar Raih Akreditasi "A" Batusangkar-Jurusan/Prodi studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar meraih akreditasi "A" setelah dilakukan visitasi akreditasi pada tanggal 12-13 Februari 2019.
Sementara itu Wakil Rektor I menyampaikan, dari hasil review akreditasi tersebut, asesor BAN-PT memberikan nilai 371 kepada Jurusan/Prodi MPI FTIK IAIN Batusangkar dengan terakreditasi A, tertanggal 19 Februari 2019.
Dimana Asesor BAN-PT terdiri dari Dr. Sangkot Sirait, MA dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag dari IAIN Jember.
Rektor IAIN Batusangkar, Dr. H. Kasmuri, MA mengatakan akreditasi merupakan tuntutan untuk perguruan tinggi, karena salah satu syarat menuju mutu perguruan tinggi dengan standar kualifikasi kampus, dengan telah keluarnya hasil akreditasi jurusan/prodi studi MPI Berarti di IAIN Batusangkar sudah enam Jurusan terakreditasi A.
"Ini cukup membanggakan kita semua, puji syukur, Akreditasi yang diperoleh jurusan/prodi MPI IAIN Batusangkar dengan akreditasi A, jumlah nilai 371, angka akreditasi ini menjadi bukti bahwa, kegiatan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan standar minimum mutu pendidikan, dan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap IAIN Batusangkar," ujar Kasmuri.
Sementara itu Ketua Lembaga Penjamin Mutu Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd. mengatakan yang menjadi tolak ukur penilaian dari BAN-PT tersebut meliputi aspek, visi dan misi, tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum dan pembelajaran, sarana dan prasarana, sistem informasi dan terakhir penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.
"Inilah yang dinilai oleh BAN-PT dan alhamdulillah kita bisa memenuhi standar tersebut. Akreditasi sendiri merupakan tanggung jawab perguruan tinggi. Tuntutan ini diatur oleh Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dengan terakreditasinya Jurusan dan Program studi pada IAIN Batusangkar, menjadi upaya Institusi kita memberikan jaminan mutu sebagai lembaga pendidikan kepada stakeholder dan lembaga audit eksternal yang dalam hal ini adalah BAN-PT.
Hasil akreditasi ini menjadi bukti bahwa kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi yang dilaksanakan pada IAIN Batusangkar sudah sesuai dengan standar mutu IAIN Batusangkar dan standar BAN-PT, namun kita menyadari masih banyak yang perlu ditingkatkan" sambung Ridwal.
Sementara itu Dekan FTIK Dr. Sirajul Munir, M.Pd mengucapkan berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta memfasilitasi proses akreditasi juruan/prodi MPI FTIK, sehingga IAIN Batusangkar dapat memperoleh nilai yang terbaik di awal tahun 2019.
"Ini tentu saja menambah daftar peroleh Akreditasi A di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Batusangkar.
Disamping itu kita sedang melakukan penerimaan mahasiswa baru tahun 2019, dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, ini akan menambah minat siswa SMA, MA, Pesentren dan SMK yang akan menuntut ilmu di Kampus IAIN Batusangkar, "ucap Munir.(Hms) Link Sumber

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :