Rabu, 08 Mei 2019

MAHASISWA FTIK IKUTI SUPER CAMP WORKSHOP PENULISAN JURNAL ILMIAH QUR’ANI

Batusangkar (2/3) – Sebanyak 44 orang mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar ikuti super camp penulisan jurnal ilmiah Qur’ani bagi mahasiswa. Kegiatan yang diinisiasi oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama ini dilaksanakan selama dua hari yang bertempat di Hotel Campago Bukittinggi. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka membina dan melahirkan cikal bakal penulis muda yang kritis dan argumentatif terhadap permasalahan pendidikan, sehingga menjadikan mereka aktif untuk memberikan gagasan solutif, gagasan integratif, selektif. Kegiatan dengan tema “Tuliskan karya Ilmiahmu, Ilmiahkan Karya Tulismu” mengundang antusiasme peserta, baik pada tataran pengetahuan sitasi atau pengutipan maupun cara merangkai argumen yang akan dituangkan ke dalam sebuah tulisan.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Fadriati, M.Ag, membenarkan bahwa “kegiatan super camp penulisan jurnal ilmiah Qur’ani merupakan wujud dan keseriusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar dalam menghasilkan cikal bakal penulis muda yang bukan hanya kritis, namun memiliki pemahaman terkait dengan aturan dan tata kelola pembuatan artikel dan jurnal ilmiah. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah yang seluas-luasnya kepada peserta untuk meng-upgrade integrasi keilmuan mahasiswa dengan bernafaskan keislaman”. Menambahkan hal tersebut, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar, Dr. Sirajul Munir, M.Pd juga mengatakan bahwa “kegiatan ini diharapkan mampu mengakomodir bakat-bakat menulis bagi mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah, tentunya juga sebagai wadah melahirkan cikal bakal mahasiswa yang kritis dan siap berbagi argumen melalui tulisan yang mencerahkan”.

Kegiatan yang digawangi oleh Kepala Bagian Umum FTIK IAIN Batusangkar, Syafrinal, S.Ag., S.S., M.Kom ini menghadirkan dua pembicaran nasional yakni Dr. Abdussakir, M.Pd (UIN Malang) dan Syafrimen, M.Ed., Ph.D (UIN Raden Intan Lampung) yang sudah sangat mahir dan malang melintang pada bidang penulisan karya ilmiah, baik penulisan kajian based on paper maupun based on research dengan keilmuwan yang merujuk pada Alqur’an. Keseriusan kegiatan ini nampak pada rundown acara yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempresentasikan hasil gagasan tertulisnya selama kegiatan berlangsung. “Terima kasih kepada pimpinan Fakultas dan jajarannya yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk mengasah kemapuan menulis. Ini merupakan dua hari yang sangat mengesankan bagi kami selaku mahasiswa dalam menambah wawasan keilmuan terkait penulisan karya ilmiah” Ujar salah seorang peserta. (zal)

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :