Rabu, 21 Agustus 2019

Pelepasan 510 Mahasiswa PPL dan PLKP-S FTIK IAIN Batusangkar


FTIK-IAIN Batusangkar: Sebanyak 510 mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Layanan Konseling Pendidikan Sekolah (PLKP-S) Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 resmi dilepas oleh Dekan FTIK IAIN Batusangkar pada hari Jumat/16 Agustus 2019 yang terdiri dari mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling (BK), Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tadris Bahasa Inggris (TBI), Tadris Biologi (TBIO), Tadris Fisika (TFIS), Tadris Matematika (TMM), Tadris Kimia(TKIM), dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIUD).PPL dan PLKP-S kali ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri, akan tetapi sebanyak 7 orang mahasiswa dari jurusan BK, PBA, dan TBI juga dikirim ke luar negeri. Masing-masing 4 mahasiswa menjalani masa prakteknyake Malaysia dan 3 mahasiswa ke Thailand.
PPL dan PLKP-S dalam negeri diikuti oleh 503 mahasiswa yang tersebar pada 10 kabupaten/kota di Sumatera Barat, meliputi  Kab. Sijunjung, Kota Solok, Kab. Solok, Kota Sawahlunto, Kab. Tanah Datar, Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kab. Agam, dan Kab. 50 Kota. Sebelum menjalani masa praktek para mahasiswa ini diberikan pembekalan selama 3 hari di Aula IAIN Batusangkar. Dalam rentang waktu tersebut mereka mendapatkan banyak materipenunjang guna menjalankan praktek ini agar membuahkan hasil maksimal. Dekan FTIK, Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyampaikan “Saya berharap selama menjalankan masa PPL dan PLKP-S mahasiswa dapat menjaga nama baik kampus IAIN Batusangkar dan memberikan pembelajaran terbaik di sekolah tempat tujuan masing-masing”. Selanjutnya beliau juga menyampaikan agar mahasiswa mampu mengembangkan setiap potensi dirinya dengan memberdayakan berbagai media pembelajaran supaya kelak mampu menjadi guru yang handal dan profesional.
Secara terpisah Kepala Labor Tarbiyah, Artha Nesa Chandra, M.Pd menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa yang mengikuti PPL dan PLKP-S periode ini lebih banyak dibanding periode sebelumnya. (VR)


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :