Kamis, 12 September 2019

Joint Seminar Internasional UNAND Sukses; IAIN Batusangkar Raih Presenter Terbaik

Jurusan Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas bekerjasama dengan IAIN Batusangkar, University Sains Islam Malaysia, Institut Pendidikan Guru Kampus Raja Melewardan Universiti Teknologi Marasukses menyelenggarakan Joint Seminar International selama 2 hari penuh di Auditorium Fakultas Kedokteran, Padang, 9-10 September 2019.

Seminar yang mendatangkan lebih dari 300 orang peserta dan 48 orang pembicara (presenter) dari perguruan tinggi terkemuka baik didalam maupun luar negeri, diantaranya dari California, Amerika, Malaysia, serta dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia merupakan seminar internasional pertama yang dilaksanakan secara berkolaborasi dengan IAIN Batusangkar dan 4 perguruan tinggi lainnya di Malaysia.

Dekan Fakultas Kedokteran Unand Wirsma Arif Harahap saat membuka seminar menyampaikan “seminar ini sangat baik dan sangat mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang terutama psikologi, pendidikan dan kesehatan mental, seminar ini sekaligus sebagai ajang kerjasama untuk berbagi informasi (sharing) tentang hasil penelitian dan kajian ilmiah, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dari berbagai perguruan tinggi baik di dalam maupun di luar negeri yang bermuara kepada peningkatan kualitas pendidikan di dunia, tutur Harahap.  

Sementara itu, Ketua Jurusan Psikologi Unand, Yantri Maputra didampingi ketua Pelaksana Izzanil Hidayati, turut menjelaskan bahwa Seminar ini bernama “1ST International Conference Psychology, Education and Mental Health” (ICoPEM 1) bertujuan untuk memperkuat kerjasama dengan IAIN Batusangkar dan beberapa perguruan tinggi di Malaysia, sedangkan pembicara yang diundang sebagai keynote dan invited speaker adalah 2 orang dari Amerika, 1 orang dari Inggris, 1 orang dari Malaysia, 1 orang dari IAIN Batusangkar, serta 2 orang dari Universitas Andalas, selain itu hadir sebanyak 48 orang presenter yang mempresentasikan artikel hasil penelitian terbaik mereka selama dua hari dari berbagai perguruan tinggi, ujar Yantri

Kedepannya, Kita sangat berharap ICoPEM akan sangat bermanfaat dengan cara berkolaborasi atau join seminar terutama dalam hal berbagi hasil riset terbaik untuk melahirkan berbagai inovasi dalam berbagai bidang ilmu, tambah Izzanil, sang ketua panitia,

Pembicara Keynote dan Invited speaker yang diundang diantaranya, Prof. Katherine Elizabeth Cain dari Lancaster University, Inggris, Seinenu M. Thein, P.hD, Robert Lamelson, P.hD dari University of California, USA. Prof. Mahazan Abd. Mutallib dari USIM, Malaysia. Marjoni Imamora, P.hD dari IAIN Batusangkar, dan Yentri Maputra, P.hD, Dr. dr. Wirsma Arif Harahap, SpB (K)-onk dari Unand Padang.

Dalam Joint seminar internasional (ICoPEM 1) initerpilih 3 presenter terbaik dalam mempresentasikan hasil penelitian mereka, yaitu Dr.Sirajul Munir, M.Pd dari IAIN Batusangkar, Norhayati Rafida dan Farhana Sabri dari USIM Malaysia serta Amanatul Firdausa dari Unand, (Nal/Doni)



SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :