Dr. H. Kamaluddin,S.Ag.,M.Ed (Dosen FTIK IAIN Batusangkar) Pimpin Pengda IMLA Sumbar 2020-2023

Batusangkar-FTIK: Ketua Umum IMLA Indonesia, Dr. H. Tulus Musthofa, MA. melantik secara serentak pengurus daerah IMLA Indonesia yakni pengurus daerah IMLA Sumbar, Jateng, Kalsel, Sulsel, dan Kepri pada Senin, 13 Juli 2020 melalui zoom meeting.

Setelah pelantikan selesai, dilanjutkan seminar nasional Bahasa Arab dengan tema "Menjalin Kerjasama Internasional untuk Memperkokoh Keilmuan dan Kontribusi Bahasa Arab dalam Peradaban".

Bertindak sebagai Keynote Speaker H. Hajriyanto Y. Thohari, Drs., MA (Duta Besar RI untuk Lebanon/Konsultan Khusus PP IMLA Indonesia). Narasumber Prof. Dr. Amany Lubis, MA (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/Anggota Dewan Pertimbangan PP IMLA Indonesia), Azis Nurwahyudi, S.IP, MM, MA (Wakil Duta Besar RI untuk Rusia) dan Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, MA (Wakil Rektor Bid. SDM & Aset UI/Anggota Dewan Pertimbangan PP IMLA Indonesia) dengan moderator Dr. Siti Shalihah, M.Ag.

Asosiasi Pengajar Bahasa Arab di Indonesia yang dikenal dengan nama IMLA (Ittihad Mudarrisi al-Lugah  al-Arabiyah atau Arabic Teachers Association of Indonesia dalam bahasa Inggris) merupakan organisasi profesi pengajar bahasa Arab. IMLA pertama kali dirintis pada tanggal 9 Desember tahun 1998 dalam pertemuan tokoh-tokoh bahasa Arab Indonesia di Universitas Negeri Malang.

IMLA memiliki komitmen untuk memperjuangkan eksistensi bahasa Arab dan pengembangan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di seluruh Indonesia. Sejak berdirinya IMLA senantiasa melakukan terobosan-terobosan untuk mengembangkan SDM para  praktisi pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Ada beberapa kegiatan IMLA, di antaranya pertemuan para pengajar bahasa Arab.

Internasional, Workshop Pembelajaran Bahasa Arab, serta pelatihan-pelatihan guru bahasa Arab.

Setiap propinsi di Indonesia mempunyai pengurus daerah IMLA. Untuk cabang Sumatera Barat diawali pada tahun 2013 dengan ketua Dr. H. Yasmadi, M.Ag (dosen Bahasa Arab UIN Padang). Sehubungan tahun 2020 telah berakhir masa bakti Pengurus daerah Sumatera Barat, maka dilaksanakan pembentukan kepengurusan baru IMLA Sumatera Barat periode 2020-2023 oleh perwakilan pengajar bahasa Arab.

Meskipun sekarang dalam masa pandemi Covid 19, keadaan tersebut tidak mengurangi semangat para pejuang Bahasa Al-Quran untuk mengikuti rapat tanggal 5 Juli 2020 dengan Zoom Meeting. Keputusan Rapat menetapkan sembilan orang Tim Formatur dari berbagai kampus Islam (UIN IB, IAIN Batusangkar, IAIN Bukitinggi, UMSB), Pondok Pesantren dan Madrasah Di Sumatera Barat. Keputusan rapat tim sembilan menetapkan tiga orang pengurus inti IMLA Sumbar masa bakti 2020-2023, yaitu DR. H. Kamaluddin, S.Ag,. M.Ed. (dosen Bahasa Arab dari IAIN Batusangkar) sebagai ketua, Zubaidah, S.S., MA (dosen bahasa Arab IAIN Bukittinggi) sebagai sekretaris, dan Dr. Asrina, M.Ag (dosen bahasa Arab UIN Padang) sebagai bendahara.

Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, MA. Ketua Jurusan Bahasa Arab IAIN Batusangkar dalam kepengurusan baru IMLA Sumatera Barat ditunjuk sebagai Ketua Divisi Kelembagaan berharap semoga dengan pelantikan Kepengurusan baru IMLA Sumatera Barat membawa angin segar bagi pejuang bahasa Arab dalam melanjutkan perjuangan pelopor pembaharuan pengajaran Bahasa Arab di Indonesia yang berasal dari Ranah Minang yakni Prof. Dr. H. Mahmud Yunus.

"Tokoh ini yang menginspirasi pembaharuan pengajaran bahasa Arab di Indonesia pada awal 30-an dengan teori All In one System dan Direct Method. Teori ini dijadikan role model oleh KH. Iman Zarkasi pendiri Pondok Pesantren Modern Gontor yang notabene murid Mahmud Yunus di Kuliyatul Mualimin/Normal Islam Padang tahun 1934. Dan juga digunakan Departemen Agama RI pada pertengahan 1970-an sebagai pendekatan dalam pengajaran bahasa Arab di IAIN dan madrasah,"terang Yusuf Salam.

"Semoga dengan kepengurusan IMLA Sumatera Barat yang baru menginspirasi lahirnya tokoh pemikir pengajaran bahasa Arab seperti Prof. Dr. H. Mahmud Yunus,"harapnya. (MYS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar