LUAR BIASA, TIGA MAHASISWA FTIK BORONG POSISI GRANDFINALIS DALAM AJANG PILMAPRES IAIN BATUSANGKAR 2020

Finalis Mahasiswa Berprestasi FTIK IAIN Batusangkar 2020

 


Batusangkar,- Pilmapres IAIN Batusangkar 2020 baru saja selesai dihelat. Ajang tahunan yang digelar dibawah naungan Wakil Rektor dan Wakil Dekan bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan ini merupakan salah satu ajang bergengsi tingkat Institut. Kegiatan ini selalu ditunggu-tunggu dan digandrungi oleh Mahasiswa. Bagaimana tidak, ajang ini mempertemukan seluruh Mahasiswa berprestasi dari setiap Program Studi dan Jurusan se-IAIN Batusangkar. Mereka adalah Mahasiswa  pilihan yang telah diseleksi dari tingkat program studi masing-masing, sehingga siapapun yang terpilih sebagai finalis bahkan sampai masuk babak Grandfinal adalah “mascot” dari program studi atau Jurusan.

Penilaian pada Pilmapres tahun ini meliputi beberapa aspek. Aspek-aspek tersebut antara lain adalah prestasi Akademik meliputi IPK, prestasi Non Akademik meliputi aspek keagamaan, keaktifan berorganisasi didalam maupun diluar kampus, aspek kepribadian, Public Speaking, Kemamdan Attitude. Setiap aspek tersebut dinilai oleh Dosen dan Pejabat Akademik yang berkompeten dibidangnya. Nilai akhir yang menentukan pemuncak dari ajang ini adalah kkumulasi dari setiap aspek tersebut.

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini dilakukan berjenjang dan bertahap.  Pemilihan dilakukan secara bertingkat mulai dari tingkat Jurusan, Fakultas, hingga Insitut. Tahap awal adalah Desk Evaluation. Desk Evaluation dilakukan oleh jurusan masing-masing dari tanggal 7-12 Oktober 2020. Jurusan akan mengirimkan satu orang mahasiswa terbaik Jurusan kepada Fakultas untuk berkompetisi pada tingkat selanjutnya.  Seleksi tahap kedua dilakukan terhadap peserta Pilmapres yang lolos seleksi tahap awal. Seleksi ini dilakukan oleh Fakultas masing-masing. Fakultas nantinya akan mengirimkan Tiga orang mahasiswa terbaik Fakultas untuk berkompetisi pada tahap akhir.  Seleksi tahap akhir merupakan seleksi mahasiswa berprestasi pada tingkat institut. Pada seleksi tahap akhir, sebanyak 12 mahasiswa dan mahasiswi terbaik Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, mulai Senin (2/11/2020) masuk babak pembekalan peserta dalam kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2020.  Dalam pembekalan tersebut, peserta akan menerima beberapa materi dalam menunjang pengembangan soft skill seperti kemampuan komunikasi, kerjasama, berfikir kritis, kreatifitas, kepercayaan diri, kegigihan, kepedulian dan kepemimpinan.

Dalam ajang tahunan tersebut FTIK berhasil meloloskan tiga orang Mahasiswa berprestasinya ke babak Grandfinal. Satu diantara wakil FTIK tersebut berhasil meraih nominasi Duta Favorit Institut. Nominasi ini diraih oleh Mahasiswa Kimia atas nama Latifa Khairani mahasiswa semester lima. Latifa dikenal aktif di bidang kepenulisan, ia pernah menerbitkan buku yang berisi kumpulan cerpen dan sering meemenangkan lomba karya tulis ilmiah yang diadakan kampus maupun luar kampus. Grandfinalis kedua dari FTIK adalah Feni Mardika Mahasiswa semester Jurusan PAI yang berhasil menjadi Duta Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Feni adalah Mahasiswa dengan prestasi luar biasa dibidang Tilawah, dan berhasil memperoleh Juara 2 MTQ online Mahasiswa PAI Tingkat Nasional. Grandfinalis ketiga FTIK adalah Abdul Fikri Mahasiswa TBI yang juga memiliki berbagai skill dibidang Hafidz, musik, dan Public Speaking.

Prestasi ketiganya mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari keluarga besar FTIK. Segenap Pimpinan, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa mengucapkan selamat dan terimakasih atas kerja cerdas, kerja keras dan kerja ikhlas dalam belajar dan mengembangkan potensi diri Mahasiswa tersebut sehingga mampu berprestasi dan membanggakan FTIK ditinggkat Institut. One more, congratulation and big thaks. (Mimi-Humas).

 

1 komentar:

  1. Selamat ya kakak-kakak telah menjadi mahasiswa berprestasi. semoga semakin sukses dan mengagumkan.

    semoga bisa mengharumkan nama almamater dan Indonesia

    BalasHapus