IAIN Batusangkar Launcing dan Sosialisasikan Aplikasi e-BKD Bagi Dosen

 


Batusangkar – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Batusangkar melakukan Launcing sekaligus Sosialisasi Aplikasi e-BKD yang dilakukan secara daring (online) kepada seluruh dosen di lingkungan Institut Agama Islam Negeri Batusangkar, Selasa (09/02/2021)

Revolusi Industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industry dimana teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan sepenuhnya guna mencapai efisiensi dan efektifitas, termasuk dalam dunia Pendidikan.

Revolusi industri 4.0 mengharuskan dunia Pendidikan berbenah dalam segala lini, termasuk dalam menjamin mutu perguruan tinggi salah satunya adalah pelaporan Beban Kinerja Dosen atau biasa dikenal dengan BKD.

Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M. Sc mengapresiasi dengan di Launcing dan di Sosialisasi nya Aplikasi e-BKD yang dilakukan oleh LPM IAIN Batusangkar. Dalam sambutannya mengatakan. “Alhamdulillah LPM IAIN Batusangkar menyahuti request kita dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pelaporan Beban Kinerja Dosen adalah salah satu bukti penjaminan mutu Institusi dilaksanakan yang melekat pada Dosen Perguruan Tinggi. Biasanya dalam pelaporan BKD masih menggunakan sistem manual dimana Dosen harus mengumpulkan dokumen dan mencetak lalu di kumpulkan ke LPM, sehingga LPM penuh dengan laporan BKD yang dibuat 2 kali dalam 1 tahun. Tetapi dengan di Laucingnya Aplikasi e-BKD ini diharapkan mampu mempermudah Dosen untuk mengarsipkan data-datanya dalam drive masing-masing, serta kemungkinan akan hilangnya dokumen tersebut akan lebih kecil”.

Sementara Ketua LPM IAIN Batusangkar Dr. Ulya Atsani, SH., M.Hum, menyampaikan Aplikasi e-BKD ini sudah dibuat sedemikian rupa untuk bisa membantu Dosen dalam pelaporan BKD, walaupun sejatinya kita masih terus kembangkan aplikasi ini.

Pelaporan BKD secara online adalah merupakan keharusan dalam Perguruan Tinggi, apalagi dengan perkembangan Revolusi 4.0 menuntut Dosen untuk melek teknologi. Pada setiap kesempatan Assesment Lapangan Akreditasi selalu ditanya tentang sistem pelaporan BKD secara online, “ucap Ulya”

Inilah yang menjadi latar belakang kami untuk membuat aplikasi online sederhana dalam pelaporan BKD. Harapannya semoga dengan Launcing dan sosialisai e-BKD ini dapat memudahkan Dosen pada Institut Agama Islam Negeri Batusangkar dalam segala aspek, “tutup Ketua LPM” (tim lpm/hm/dn)

Sumber:http://iainbatusangkar.ac.id/