IAIN Batusangkar Perkuat Kerjasama dengan Unilak Riau

Keterangan Gambar : MoU antara IAIN Batusangkar dengan Unilak Riau


Pekanbaru - Rektor Universitas Lancang Kuning Riau sambut Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc beserta Wakil Rektor I,II,III, dan Dekan beserta Direktur Program Pascasarjana, Jum’at, 29 Januari 2021 di Pekanbaru.

Dalam jamuan tersebut juga lakukan penandatanganan nota kesepahaman yang tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara IAIN Batusangkar dengan Unilak, dua perguruan tinggi dari dua provinsi berbeda yakni Provinsi Riau dan Sumatera Barat. Unilak adalah kampus yang berada di jantung kota Pekanbaru ini, mempunyai sembilan fakultas dengan 19 program studi S1 dan 2 program studi.

Rektor IAIN Batusangkar menyebutkan “Pertemuan ini merupakan bentuk kerjasama antar perguruan tinggi, setiap institusi harus memperluas kerja sama di berbagai bidang terutama dalam penerapan Tridarma Perguruan Tinggi.”

“Kami berharap kerja sama ini bisa berlangsung dalam jangka panjang dan baik untuk meningkatkan pendidikan mutu pendidikan ini.Sebagai bentuk kerja sama secara resmi antara Unilak bersama IAIN Batusangkar dalam mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud) menuju insan pembelajar yang merdeka, kreatif, dan berdaya saing.” ujar Marjoni.

“Setiap institusi harus memperluas kerja samanya di berbagai bidang terutama dalam penerapan Tridarma Perguruan Tinggi. Kami berharap kerja sama ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan hubungan antar dosen maupun mahasiswa dari masing-masing Perguruan Tinggi dapat terjalin dengan baik,” tuturnya.

Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi, S.S., M.Hum menyebutkan, kerjasama adalah satu satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Saat ini bukan lagi persaingan, tapi maju secara bersama antar perguruan tinggi akan berdampak positif bagi dunia pendidikan, masyarakat dan tentu saja institusi. Kami merasa senang dipercaya oleh IAIN untuk menjalin kerjsasama.” kata Junaidi.

“Dengan adanya MoU ini maka silahkan fakultas, badan dan lembaga antaran dua perguruan tinggi ini untuk mengambil peran lebih nyata, detail, dan menguntungkan agar dapat memanfaatkan dari pelaksanaan MoU yang telah dilakukan.” sambungnya.

Rektor yang di dampingi Wwakil rektor III Unilak menyambut baik dan dukung penuh proses transformasi IAIN Batusangkar menuju UIN Batusangkar

“Unilak mendokan proses transformasi IAIN Batusangkar menuju UIN Batusangkar berjalan lancar apa yang di rencanakan rektor dan jajaran IAIN Batusangkar, hal ini tidak lain adalah untuk memajukan dunia pendidikan di Sumatera Barat” harap rektor.

Sementara, wakil rektor bidang kemahasiswaan dan kerjasama IAIN Batusangkar Dr Sirajul Munir mengatakan “MoU Ini diharapkan dapat mempercepat visi-misi IAIN Batusangkar; Integratif dan Interkonektif dalam Keilmuan, Berkearifan Lokal, Bereputasi Global.”

“MoU antara Unilak dan IAIN Batusangkar akan mudah mengembangkan riset dalam penelitian dalam upaya dan juga mendorong program-program ungulan antara dua kampus tersebut yang saling mengembangkan dunia pendidikan.” tutupnya.

sumber:http://iainbatusangkar.ac.id/