Tingkatkan Kuantitas dan Kualitas, Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar laksanakan Sosialisasi dan Pengabdian Masyarakat di SMAN 1 Tarusan dan MAN 1 Pesisir Selatan

 

Batusangkar., Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar sangat serius melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan mutu jurusan secara kuantitas maupun kualitas. Hal ini dari terlihat dari berbagai kegiatan yang telah maupun yang akan dilaksanakan dalam mencapai tujuan tersebut. Jurusan yang dikomandoi oleh Ibu Maya Sari, M.Si ini telah melaksanakan sosialisasi hingga berbagai pelosok Sumatera Barat bahkan berbagai wilayah di luar Provinsi Sumatera Barat seperti Sumatera Selatan, Jambi, Riau, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Utara. Sosialisasi untuk luar Provinsi dilakukan dengan pengiriman brosur-brosur ke berbagai sekolah via Pos. Cara ini berbeda dengan cara sosialisasi tahun-tahun sebelumnya yaitu dengan mengunjungi daerah tersebut secara langsung, namun karena adanya pandemic COVID-19 pengiriman brosur menjadi pilihan alternatif. Diharapkan cara ini tetap efektif dan efisien untuk meningkatkan peminat Mahasiswa untuk kuliah di jurusan tersebut pada jalur SPAN-PTKIN, SBMPTN dan Mandiri.


Untuk wilayah selingkup Provinsi Sumatera Barat, Tim Sosialisasi Jurusan Tadris Kimia melaksanakan kunjungan sekolah dengan terlebih dahulu melakukan MoU dengan berbagai sekolah. Seperti seluruh SLTA/MAN sederajat di Kabupaten Tanah Datar didatangi oleh Tim Sosialisasi Tadris Kimia yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa dari HMJ. Sekolah terbaru yang didatangi adalah SMAN 1 Tarusan Pesisir Selatan. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 15 Februari 2021 oleh Tim yang terdiri dari Ketua Jurusan Ibu Maya Sari, M.Si, dua orang dosen yaitu ibu Mimi Herman, M.Pd dan ibu Dwi Velia Aftika Sari, M.Pd, empat orang Mahasiswa dari HMJ Kimia yaitu Ketua dan Sekretaris serta satu orang alumni terbaik Jurusan Tadris Kimia Angkatan pertama yaitu Sherin Aprilia, S.Pd yang juga alumni SMAN 1 Tarusan tersebut. Rombongan ini diterima secara langsung oleh Kepala SMAN 1 Tarusan Pesisir Selatan yaitu Ibu Sri Hermayenti, S.Pd dengan sangat baik dan hangat.

Kegiatan di SMAN 1 XI Koto Tarusan ini mencakup dua bidang kegiatan. Kegiatan pertama yaitu sosialisasi Jurusan Tadris Kimia dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas Mahasiswa yang merupakan Program Kerja HMJ. Kegiatan ini berisi penyampaian profil IAIN Batusangkar dan profil Jurusan Tadris Kimia kepada seluruh siswa kelas XII MIA. Tim sosialisasi menyampaikan point-point unggulan jurusan Tadris Kimia yang menjadi alas an dan pertimbangan bagi calon Mahasiswa untuk memilih kuliah di jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar mencakup Akreditasi B yang telah diraih institut dan jurusan, kompetensi dan kapasitas Dosen, Kurikulum berbasis keterampilan abad XXI yang terintegrasi dan terinterkoneksi dengan nilai keislaman, berbagai fasilitas utama dan pendukung perkualiahan seperti Laboratorium Kimia, IT dan Tarbiyah, Kerjasama Luar Negeri, berbagai beasiswa (Bidik Misi, UKT, Baznas, Tahfidz), berbagai kegiatan kemasiswaan di bawah naungan HMJ (COC, Sianida, Yo-CG, Germanium, Chemistry Goes To School dan Rakernas IKAHIMKI dll) serta berbagai prestasi yang telah diraih Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia pada tingkat Regional, Nasional bahkan Internasional. Dalam sesi bersama siswa juga dilakukan pemberian modul praktikum kepada siswa yang mampu menjawab kuis yang diberikan oleh para Dosen.

Kegiatan yang kedua adalah pengabdian Dosen kepada Masyarakat. Kegiatan ini juga dilakasanakan di SMAN 1 Tarusan yang berisi pemberian Modul Praktikum dan Media Pembelajaran karya Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia bersama para Dosen jurusan tersebut. Selain Modul dan Media pembelajaran Ketua Jurusan Ibu Maya Sari, M.Si pada kesempatan tersebut juga memberikan Aplikasi Pembelajaran tentang Struktur Molekul hasil penelitian skripsi Mahasiswa Angkatan pertama serta menjelaskan cara penggunaan aplikasi tersebut. Semua perangkat tersebut diterima langsung oleh Guru Kimia di SMAN 1 Tarusan yang diwakili oleh ibu Syamsumarni, S.Pd.

Semoga mampu meningkatkan peminat SPANPTKIN, SBMPTN dan Jalur Mandiri untuk memilih jurusan Tadris Kimia. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepopularitasan Jurusan Tadris Kimia dan IAIN Batusangkar. Sumber : http://tkim.iainbatusangkar.ac.id/