Top leaders Lembaga kemahasiswaan IAIN Batusangkar ikuti Leadership Program

Keterangan Gambar : Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar ikuti Leadership Training

IAIN Batusangkar - ketua Lembaga Kemahasiswaan IAIN Batusangkar ikuti Leadership Training, Rektor diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Ridwal Trisoni, S.Ag., M. Pd. mengatakan mahasiswa harus memiliki kepribadian yang baik, Memahami persoalan terkini, dan menjadi solutif bagi ummat.

Kegiatan ini yang diikuti sebanyak 56 ketua Lembaga Kemahasiswaan yakni, Dewan Mahasiswa, Senat Mahasiswa baik di tingkat Institut maupun tingkat fakultas, Unit Kegiatan Mahasiswa/Khusus, UKM/UKK dan Himpunan Mahasiswa Jurusan.

Selama tiga hari tanggal 04-06 Februari 2021 yang memakai lokasi auditorium kampus II, Leadership Training mahasiswa ini tetap memperhatikan protokol Covid-19, kegiatan yang akan menghadirkan beberapa pemateri, baik Rektor, Wakil Rektor, Biro AUAK, bagian keuangan dan akademisi dari Universitas Andalas.

Ridwal Trisoni mengatakan peran mahasiswa dalam masyarakat dikenal sebagai agent of change (agen perubahan). Mahasiswa merupakan penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Melalui pengetahuan, ide, dan keterampilan yang dimilikinya, mahasiswa bisa menjadi lokomotif kemajuan, khususnya di IAIN Batusangkar.

“Karena mahasiswa berada di garda terdepan yang harus menjaga nilai-nilai baik seperti kejujuran, gotong-royong, empati, dan keadilan, mahasiswa yang berkualitas baik, akan menjadikan diri sebagai pribadi yang lebih baik, tidak ada kata menunggu, mahasiswa harus selalu siap menempa diri agar menjadi pribadi unggul, dalam mengapai cita-citanya.”

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd, menyampaikan kegiatan-kegiatan yang telah di kemas di tingkat lembaga kemahasiswaan harus memiliki Life Skill, Soft Skill, Kewirausahaan, dan Peningkatan Presetasi Nasional Maupun Internasional, dalam arahannya sebagai pemateri.

Perlu kita tekankan kepada seluruh lembaga kemahasiswaan pentingnya Perluasan kerjasama antar lembaga kemahasiswaan, baik dalam mengikuti perlombaan, maupun kita saling barbagi dengan kampus lain, yang penting kita harus mempersiapkan calon pemimpin religious, karena ini adalah arah kebijakan rektor tentang lembaga kemahasiswaan, dengan sistem pembinaan kegiatan mahasiswa berbasis Life skill.

Lebih lanjut sirajul munir menekankan mahasiswa memahami visi misi tujuannya IAIN Batusangkar itu sendiri, ini cara mahasiswa untuk berkegiatan misalnya kegiatan ilmiah, diskusi terbuka, audiensi dan sebagainya, dalam mendukung kemampuan setiap mahasiswa, mahasiswa harus memiliki disiplin ilmu, manajemen waktu yang baik, sehingga bisa menjalankan peran sebagai mahasiswa , sosialnya di masyarakat, tanggung jawabnya pada orang tua dan diri sendiri, tutup munir.(hm/dn) Sumber:http://iainbatusangkar.ac.id/