PKM Ke-II PTKIN Se-Sumatera Resmi Dibuka, Kontingen IAIN Batusangkar Tampil Memukau

 

Keterangan Gambar : Penampilan Kontingen IAIN Batusangkar Dalam PKM II PTKIN

Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) ke-II dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT pada hari Jumat, 28/05/2021. PKM ke-II masuk tahap perlombaan secera daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang dilaksanakan di UIN IB Padang.


Pada acara ini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangakar ambil bagian di lima nomor cabang perlombaan pada hari pertama, yakni Musabaqah Hifdz Al-Quran 10 Juz putra, MTQ Putra, Story Telling, Inovasi Media Pembelajaran dan Pildama Putra.

Hal ini di sampaikan langsung wakil rektor bidang kemahasiwaan dan kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd.
“Dari lima nomor cabang tersebut IAIN Batusangkar yakin mempersembahkan medali, dalam ajang PKM ke-II PTKIN se-Sumatera, mengingat kelima cabang yang tampil di hari pertama ini penuh keyakinan untuk bisa menang” ujar Sirajul Munir penuh optimisme.

Adapun kelima nomor cabang yang tampil hari pertama mewakili IAIN Batusangkar, Musabaqah Hifdz Al-Quran 10 Juz putra, atas nama Wahyu Ananda dari Jurusan Ilmu Al-qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Kemudian ada pula
Cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) putra atas nama Muhammad Fachri dari Jurusan Hukum Keluarga Islam/Ahwal Syakhshiyyah pada Fakultas Syariah.

Pada cabang MTQ ini Fahri juga membuat kita bangga dengan penampilannya, dan membuat dewan juri terpukau dengan tampilnya utusan dari IAIN Batusangkar.
Sementara itu pada cabang lomba Story Telling yang mengangkat cerita tentang asal usul nama nagari Minangkabau di Sumatera Barat, tampil percaya diri dan memahami alur cerita Putri Amelia Rahmadani dari Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

Dia tampil meyakinkan di depan dewan juri pada cabang lomba Inovasi Media Pembelajaran. Meisi Sakdiah yang tergabung pada jurusan kimia FTKI, dengan mengemukakan Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality pada Materi Bentuk Melekul “Pendemi Covid-19.”

Dan tampil terakhir di hari pertama PKM II PTKIN Se-Sumatera nomor cabang Pildama dengan judul materi “Islam dan Etika Bermedia Sosial” atas nama Muhammad Khairul Hazli yang duduk pada semester empat jurusan PAI FTKI. Dia optimis akan memberikan medali buat IAIN Batusangkar.

Sementara itu ketua kontingen IAIN Batusangkar Inong Satriadi, MA mengatakan “kita cukup bangga dengan penampilan anak-anak kita di lima nomor cabang yang di perlombakan pada hari ini, pada hari kedua esok sabtu 29/05/21 kita akan tampil pada lima cabang nomor perlombaan lagi. Semoga sukses. (hm/dn)