Empat Nagara Siap Berkompetisi di Ajang MTQ Internasional IAIN Batusangkar

Keterangan Gambar : Pembukaan MTQ dan MSQ IAIN Batusangkar

Batusangkar Senin, 06/09-2021. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus meningkatkan SDM mahasiswanya terutama untuk melestarikan khazanah budaya islam untuk generasi qur’ani.

Meski kasus pendemi covid-19 masih meningkat, upaya mahasiswa IAIN Batusangkar tidak pernah usai untuk meningkatkan kreativitas, melalui HMJ PAI IAIN Batusangkar gelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Mahasiswa PAI Se-Asia Tenggara dan Lomba Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ) Antar Mahasiswa PAI Tingkat Nasional secara Daring.

Dalam sambutan pembukaan Dekan FTIK IAIN Batusangkar Dr. Adripen, M.Pd mengatakan kegiatan Internasional ini diikuti oleh 4 negara di Se-Asia Tenggara yakni, perwakilan mahasiswa dari Thailand, Kamboja, Malaysia dan Indonesia sendiri.

“Dari dua cabang yang diperlombakan, cabang Musabaqah Tiwalah Qur’an (MTQ) dikuti 42 peserta dari 25 perguruan tinggi dan untuk cabang Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) 9 perguruan tinggi yang terdiri perguruan tinggi dari Indonesia, Thailand, Kamboja dan Malaysia”

Kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaring dan menemukan bibit unggul dalam pemahaman Al quran dari awal sehingga dapat mengoptimalkan, pemahaman dan kemampuan dalam membaca alquran yang lebih baik, Ini juga sebagai upaya untuk mensyiarkan ajaran islam terutama bagi genarasi muda khususnya mahasiswa,” tutup dekan

Dalam keterangannya wakil rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd menerangkan melalui kegiatan ini kita jadikan Al quran sebagai spirit generasi muslim inovatif di era milenial, kegiatan berskala internasional dengan mengambil tema “Melestarikan Khazanah Budaya Islam Untuk Generasi Qur'ani”

Lebih lanjut Sirajul Munir kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menciptakan generasi yang dapat memahami kandungan Alquran secara benar sebagai bekal untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks, tutup warek.

Selain itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc. sampiakan ungkapan rasa bangga atas terselenggaranya kegiatan bersekala Internasional ini, saya bangga dengan kreativitas-kreativitas yang dimunculkan oleh mahasiswa yang tidak pernah berhenti walaupun kita masih di landa pendemi covid-19” ucap rektor.

Harapannya semoga kegiatan MTQ internasional dan MSQ nasional menjadi ajang untuk semakin meningkatkan interaksi mahasiswa dengan Al-Quran, dan menjadikan momentum ini mahasiswa lebih dekat dengan Al Qur’an, terutama dalam mengamalkan kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (hm/dn)