Hadiri Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Rektor IAIN Batusangkar Puji Keberhasilan Alumni

Keterangan Gambar : Wakil Rektor I Foto Bersama Alumni yang Tergabung di KNPI

 Batusangkar, Kamis/28-10/2021. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. “Hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun 2021, Kamis (28/10/2021) yang dilaksanakan secara terbatas dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Wakil Bupati Kab. Tanah Datar Richi Aprian betindak selaku Inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun 2021, yang juga dihadiri oleh Rektor IAIN Batusangkar yang diwakili oleh Bapak Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun 2021, ada yang terkesan oleh wakil Rektor I IAIN Batusangkar, adanya keterlibatan pemuda-pemudi dalam membangun bangsa dan negera yakni organisasi kepemudaan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Datar.

Kenapa hal itu yang jadi perhatian khusus Ridwal Trisoni, karena KNPI Kab. Tanah Datar diduduki sebagian besar adalah para Alumni-Alumni hebat dari IAIN Batusangkar, seperti dua periode kepengurusan KNPI di tanah datar di nahkodai oleh alumni IAIN Batusangkar, yakni periode tahun 2018 – 2021 atas nama Hebby Rahmatul Utamy, SHI., M.Sy lulusan dari Fakultas Syariah, sedangkan periode 2021 – 2024 yang baru saja dilantik diketuai oleh Bayu, SE,Sy lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Batusangkar.

Ridwal Trisoni juga mengucapkan selamat atas pelantikan KNPI Kab. Tanah Datar periode 2021-2024, Saya berharap bisa menjadi contoh dalam menjalankan roda organisasi dan menjadi salah satu suplier dalam mencetak kadernya sebagai pemimpin, dikarenakan organisasi kepemudaan ini memiliki kader yang hebat. Karena itu, ia juga berharap KNPI bisa bekerja sama dan juga membawa nama baik IAIN Batusangkar dan Kab. Tanah Datar, mengingat IAIN Batusangkar dalam proses alih status menjadi UIN Batusangkar.

Sementara itu Bayu, SE.Sy ketua KNPI Tanah Datar, mengatakan melalui momentum sumpah pemuda ini agar para pemuda bisa kembali mengingat bahwa pemuda dulu pernah menjadi bagian penting dalam merebut kemerdekaan, tugas bagi generasi muda sekarang untuk melanjutkan perjuangan para pendahulu dengan berbagai kegiatan yang postif dan berguna bagi masyarakat.

“IAIN Batusangkar sukses dalam menciptakan lulusan2 yg berkualitas dan berkompeten, tidak hanya di bidang keilmuan, tapi juga social kemasyarakatan dan tidak tertutup kemungkinan bisa menjadi calon peminpin di masa depan”

Bayu menambahkan bahwa alumni IAIN Batusangkar yang masih aktif sebagi ketua KNPI di Kab/Kota di Sumbar yakni ketua KNPI Kota Sawahlunto, Kab Sijunjung, Kab. Pasaman Barat dan Kab. Tanah Datar sendiri.                                                       

Harapannya IAIN Batusangkar tetap memberikan perhatian yang khusus bagi lembaga-lembaga Kemahasiswaan yang ada, semoga para alumni IAIN Batusangkar tidak hanya hebat dalam akademis tapi juga hebat selaku Aktifis/Organisasi, “tutup bayu” (hm/dn)