PKM Kelompok keilmuan BK IAIN Batusangkar dengan tema " Pendampingan pelayanan konseling berbasis riset bagi Guru BK SLTP se Kabupaten Dharmasraya"

 

PKM Kelompok keilmuan BK IAIN Batusangkar dengan tema " Pendampingan pelayanan konseling berbasis riset bagi Guru BK SLTP se Kabupaten Dharmasraya" yang dilaksanakan selama 2 hari pada hari Jumat sampai Sabtu tanggal 29-30 Oktober 2021.

Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena beberapa hal:
1. Tantangan guru BK/ konselor saat ini adalah melakukan inovasi dalam bidang tugasnya untuk meningkatkan mutu layanan bimbingan dan konseling sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan kebutuhan peserta didik/ konseli. 
2. Salah satu strategi untuk inovasi tugas sehari-hari guru BK/ konselor adalah melakukan pelayanan konseling berbasis riset. Sementara di antara keluhan guru BK/ konselor adalah mendesain riset dalam layanan BK, melaksanakan riset dan melaporkan hasil riset layanan BK dalam bentuk laporan penelitian dan/ atau dalam bentuk artikel ilmiah untuk diterbitkan di jurnal nasional terindek dan/ atau jurnal nasional terakreditasi. 
3. Melaksanakan tugas sebagai guru BK/ konselor sekaligus sebagai peneliti merupakan sesuatu pekerjaan yang sangat menantang dan sangat strategis. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa jumlah guru BK/ konselor yang melakukan riset masih sangat minim, kendala klasik yang sering mengemuka pada umumnya adalah padatnya beban kerja, kurangnya wawasan, dan minimnya pelatihan dan pendampingan dalam melakukan riset (penelitian). 
4. Dasar dan landasan serta fenomena di atas semakin menguatkan pentingnya bagi guru BK/ konselor kegiatan pendampingan untuk memiliki keterampilan KONSELING BERBASIS RISET, sehingga layanan konseling dapat direncanakan dan dilaksanakan secara terencana, terprogram, sistematis dan berkelanjutan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik/ konseli yang disertai dengan akuntabilitas kinerja dalam bentuk laporan kinerja salah satunya dalam bentuk artikel hasil penelitian bidang BK.
Berdasarkan hal tersebuat id atas maka perlu sekiranya kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan agar guru BK/ konselor mampu merencanakan konseling berbasis riset, melaksanakan riset melalui kegiatan layanan bimbingan dan konseling, mengembangkan instrumen penelitian, mengolah dan menyajikan data penelitian dengan baik, serta membuat laporan dalam bentuk/ format artikel hasil penelitian.


kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala dinas pendidikan Kabupaten Dharmasraya  Bapak Marius, S.Pd., MM, Kabid Pendidikan Dasar Bapak Muhammad syukri, S.Pd., MM, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bapak M. KAMEL, S.Pd. MM, Ketua MKKS SMP Dharmasraya Bapak Dudi Rahmat, S.Pd., MM, dan Ketua MGBK SMP Dharmasraya Bapak Mardi Habibra, S.Pd.I, serta guru-guru BK SMP se-kabupaten Dharmasraya


Guru-guru sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini mereka mengatakan "kami menjadi lebih mudah mendesain riset dalam melaksanakan layanan BK, yang selanjutnya dapat langsung membuat artikel dengan menggunakan aplikasi mandelay, kami ingin kegiatan ini dilanjutkan". ujar salah satu peserta kegiatan. kegiatan ini akan dilanjutkan pada tanggal 18 November 2021.