Tata Tertib Labor IPA


TATA TERTIB PEMAKAIAN LABORATORIUM IPA IAIN BATUSANGKAR
  1. Penggunaan semua fasilitas dan peralatan laboratorium untuk keperluan kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian masyarakat (proyek) harus seizin Kepala Laboratorium.
  2. Para pengguna fasilitas diwajibkan ikut menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan dan kenyamanan kerja di lingkungan laboratorium.
  3. Penggunaan fasilitas laboratorium untuk penyelenggaraan kegiatan kerjasama pendidikan (penelitian, pelatihan dll.) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Jadwal kegiatan, rencana penggunaan fasilitas dan peralatan laboratorium serta daftar mahasiswa peserta praktikum disampaikan dan dikoordinasikan oleh Dosen Pengampu kepada kepala laboratorium.
  5. Dosen Pengampu mata kuliah praktikum bertanggungjawab atas pelaksanaan praktikum, koordinasi dengan asisten dan laboran.
  6. Pengguna fasilitas Lab.IPA harus memahami biosafety serta menyerahkan laporan kinerja/proposal penelitian.
  7. Memahami cara kerja pemakaian alat. Dilarang melakukan pemindahan alat dari posisi yang sudah ditentukan. Pemindahan alat sekecil apapun harus sepengetahuan dari Kepala Lab. IPA.
  8. Mencatat pemakaian alat dan bahan yang digunakan pada bon alat & bahan praktikum yang sudah disediakan.
  9. Apabila terjadi kerusakan alat, baik karena kesalahan atau tata kerja, pengguna wajib melaporkan kepada Kepala Lab IPA. Biaya penggantian atau perbaikan karena kesalahan dibebankan sepenuhnya kepada pengguna.
  10. Setiap kali selesai menggunakan alat, pengguna wajib memeriksa kembali alat dan accesoris alat terkait, serta membersihkan dan mengembalikan alat ketempat semula.
  11. Pengguna fasilitas dapat menggunakan bahan habis pakai dan bahan lain yang tersedia di laboratorium atas persetujuan dari pengelola laboratorium atau laboran.
  12. Bagi para pengguna fasilitas yang melanggar tata tertib pemakaian laboratorium akan dikenakan sanksi berupa pencabutan izin kerja di Lab.IPA IAIN Batusangkar.
  13. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam aturan dan tata tertib pemakaian laboratorium dapat diatur dan dipertimbangkan kembali melalui keputusan Ka. Lab.IPA IAIN Batusangkar.

0 komentar :